Home Batik Jual Batik Harus Tahu Model, Motif, dan Jenis Kain

Jual Batik Harus Tahu Model, Motif, dan Jenis Kain

3 min read
0
0
147
kemeja batik tulis
kemeja batik tulis
kemeja batik tulis

Jika Anda akan jual batik, tentu Anda diwajibkan untuk mengenal hal-hal yang berhubungan erat dengan batik.  Hal tersebut bisa berupa motif, model, teknik, bahkan kain yang digunakan.

Kualitas batik sangat ditentukan oleh kain yang digunakan. Berikut macam-macam jenis kain untuk membatik:
1) Kain katun, kain jenis ini adalah kain yang paling umum digunakan untuk membuat batik.  Bahannya yang menyerap keringat biasa digunakan untuk membuat batik yang nantinya akan dibuat untuk seragam kantor, sekolah, dan sebagainya.
2) Kain mori, yaitu kain yang terbuat dari kapas dan berwarna putih. Warna putihnya sendiri ada yang sangat putih karena sudah melalui proses pemutihan (bleaching), ada juga warna putih yang belum melalui proses pemutihan (blacu).
3) Kain serat nanas, mirip seperti nanas kain ini memiliki tekstur sulur yang kasar juga memiliki sifat yang mengkilap.
4) Kain paris, kain dengan bahan tipis namun memiliki serat kain yang kuat. Hal tersebut membuat kain jenis ini bersifat lembut dan jatuh.
5) Kain sutera, kain yang diperoleh dari serat kepompong ulat sutera. Tekstur kain tersebut lembut dan nyaman dipakai.

Hal lain yang perlu diketahui ketika Anda akan jual batik adalah teknik membatik. Teknik pertama adalah Teknik printing. Membatik jenis ini dilakukan dengan alat printing. Dengan alat ini, pembuatan batik bisa selesai cepat. Kedua yakni teknik celup ikat. Caranya yaitu kain di ikat di beberapa bagian kemudian dicelup ke cairan pewarna. Ketiga, yakni eknik cap. Teknik ini memerlukan alat canting yang timbul.  Caranya yaitu alat canting tersebut dicelupkan ke malam, kemudian dicapkan pada kain. Keempat, ada Teknik colet atau lukis. Teknik ini memerlukan kuas untuk melukis motif batik di atas kain. Terakhir Teknik canting tulis yang merupakan teknik yang paling susah dan paling terkenal.  Menggunakan canting yang berisi malam, pembatik menggambar motifnya di atas kain. Setelah selesai, baru kain dicelupkan di cairan pewarna. Kualitas kain dan teknik membatik mempengaruhi kualitas dan harga batik. Tentunya juga masih ada hal lainnya.  Jadi, sebelum jual batik, Anda harus mengerti hal-hal tersebut. Ada baiknya Anda mengunjungi penjual batik  pria ini dan perhatikan detail spesifikasi produknya.

Load More Related Articles
Load More By Pamela
  • Trend Baju Lebaran 2017 untuk Keluarga

    Waktu memang cepat berganti dan sebentar lagi sudah ada di ujung bulan ramadhan, maka Hari…
Load More In Batik
Comments are closed.

Check Also

Bagaimana Susunan Membuat Neon Box Murah?

Hal terpenting terakhir lainnya yang wajib dipersiapkan dalam membuat sebuah neon box mura…