Home Bisnis Fungsi Payroll di Perusahaan

Fungsi Payroll di Perusahaan

6 min read
0
0
193
Fungsi Payroll di Perusahaan
  1. Membuat slip gaji karyawan

    Fungsi payroll dalam perusahaan yang utama tentu berhubungan dengan masalah gaji atau pembayaran karyawan. Fungsi payroll sebagai pembuat slip gaji karyawan ini dijalankan oleh payroll officer yang berada di bawah HRD secara langsung. Para payroll officer ini membuat slip gaji bagi seluruh karyawan dalam suatu perusahaan.

    Saat ini bisa dipastikan hampir semua perusahaan terutama perusahaan skala besar yang memiliki puluhan sampai ratusan karyawan menggunakan sistem aplikasi payroll online untuk menghitung gaji karyawannya. Dimana uang gaji dari perusahaan langsung masuk ke rekening karyawan. Slip gaji ini merupakan bukti fisik dari jumlah gaji yang telah ditransferkan. Ada sebagian perusahaan yang tidak memberikan slip gaji secara fisik karena karyawan bisa mengecek sendiri secara online, tetapi karyawan bisa juga meminta slip gaji ke bagian HRD jika memang diperlukan.

    Contoh Slip Gaji Karyawan Swasta
    Contoh Slip Gaji Karyawan Swasta
  2. Membuat pengelompokan dan jenis gaji karyawan

    Gaji setiap karyawan dalam suatu pekerjaan pastilah tidak sama antara karyawan satu dengan karyawan lainnya. Perbedaan besaran gaji yang diterima ini didasarkan pada tingkatan karyawan dalam perusahaan, beban kerja yang diterima, dan kontribusi atau prestasi apa yang telah diberikan demi kemajuan perusahaan.
    Semakin tinggi jabatan seseorang dalam perusahaan maka semakin berat pula beban kerjanya, dengan begitu gaji yang diberikan juga semakin besar karena kualifikasi yang diperlukan juga semakin tinggi. Kontribusi ataupun prestasi yang dimiliki oleh karyawan yang berperan dalam memajukan perusahaan tentunya akan diberi apresiasi yang diwujudkan dalam bentuk gaji yang lebih besar dari karyawan lain yang memiliki kontribusi siasa saja. Ada juga perusahaan yang memberikan gaji yang lebih banyak kepada karyawan dengan masa kerja yang lebi lama dari karyawan lainnya.

    Fungsi Payroll di Perusahaan
    Fungsi Payroll di Perusahaan
  3. Menghitung potongan bulanan gaji karyawan

    Fungsi payroll dalam perusahaan selanjutnya adalah melakukan penghitungan terhadap berbagai potongan gaji karyawan. Selama bekerja menjadi karyawan perusahaan baik negeri maupun swasta, potongan gaji menjadi hal yang biasa karena biasanya potongan ini dilakukan untuk kepentingan karyawan itu sendiri.

    Sebagai contoh potongan gaji yang harus dilakukan terhadap karyawan untuk biaya dana pensiun, biasanya potongan ini dikenakan kepada pegawai yang bekerja di lingkup perusahaan negeri atau Pegawai Neheri Sipil. Karyawan yang meminjam uang perusahaan untuk keperluan tertentu biasanya akan dikenakan potongan gaji di setiap bulannya guna melunasi hutang yang dipinjam dari perusahaan.

  4. Menghitung bonus karyawan

    Menghitung bonus karyawan juga merupakan kegunaan payroll dalam perusahaan. Bonus dari perusahaan biasanya diberikan kepada karyawan dengan prestasi tertentu. Perusahaan biasanya melakukan penilaian kinerja karyawannya secara berkala. Karyawan yang mendapat nilai tertinggi sesuai standar yang ditetapkan perusahaan, layak mendapatkan bonus karena prestasinya.

    Karyawan yang memberi kontribusi lebih kepada perusahaan, misalnya mereka yang bisa memenangkan proyek, yang bisa mendapatkan investor atau yang mendatangkan keuntungan lebih bagi perusahaan biasanya juga akan mendapatkan bonus atas kontribusi yang telah diberikan. Karyawan yang bekerja over time atau lembur untuk mengejar target tertentu juga layak mendapat tambahan uang gaji sesuai dengan ketentuan perusahaan. 

  5. Menghitung besaran pajak penghasilan karyawan

    Besaran pajak yang harus dibayarkan oleh karyawan sesuai dengan banyaknya gaji dan statusnya juga merupakan fungsi payroll di perusahaan. Setiap karyawan biasanya memiliki besaran gaji yang berbeda-beda, status setiap karyawan juga berbeda-beda. Oleh karena itu besaran pajak penghasilan (PPh) yang harus dibayarkan juga berbeda pula.

  6. Membuat laporan rekap gaji seluruh karyawan

    Laporan rekap gaji semua karyawan juga dibuat oleh payroll officer sebagai salah satu fungsi payroll di dalam perusahaan. Rekap ini merupakan salah satu bagian dari laporan keuangan perusahaan dan data intern perusahaan sehingga bersifat penting dan rahasia. Laporan rekap gaji ini diperlukan jika sewaktu-waktu diperlukan dalam suatu rapat dan laporan terhadap perusahaan.
    Pemenuhan hak dan kewajiban antara perusahaan dan karyawan adalah hal yang penting dalam keberlangsungan suatu perusahaan. Dan dengan begitu pentingnya fungsi payroll dalam perusahaan, menjadikan setiap prosesnya dikerjakan secara hati-hati dan transparan agar tidak menimbulkan permasalahan di suatu hari nanti.

Load More Related Articles
Load More By Pamela
Load More In Bisnis
Comments are closed.

Check Also

Keinginan pernikahan: 20 cara menulis dalam kartu pernikahan

Apa yang kamu katakan di kartu pernikahan? Kemudahan dilema Anda dengan 20 cara tulus untu…