Home Bisnis Inflow Hingga Awal April Capai Rp 79,1 Triliun

Inflow Hingga Awal April Capai Rp 79,1 Triliun

3 min read
0
0
110
Inflow Hingga Awal April Capai Rp 79,1 Triliun

Bank Indonesia (BI) mencatat, arus modal asing yang masuk ke pasar keuangan dalam negeri (capital inflow) sampai awal bln. ini lebih tinggi di banding th. lantas. Hal itu tunjukkan, optimisme investor pada negara-negara emerging market, termasuk juga Indonesia masihlah baik.

Inflow Hingga Awal April Capai Rp 79,1 Triliun

Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara menyampaikan, mulai sejak awal th. sampai 5 April 2017, keseluruhan capital inflow meraih Rp 79, 1 triliun. ” Naik di banding periode yang sama th. lantas Rp 57, 6 triliun, ” kata Mirza, Jumat (7/4).

Dengan cara terinci, inflow itu paling banyak mengalir ke surat bernilai negara (SBN) sebesar Rp 62, 1 triliun. Disusul inflow ke pasar saham sebesar Rp 9, 7 triliun, ke instrumen BI baik sertifikat BI (SBI) ataupun sertifikat deposit BI (SDBO) Rp 5, 7 triliun, dan juga obligasi korporasi sebesar Rp 1, 5 triliun.

BI juga mencatat, inflow ke semua instrumen itu bertambah. Inflow ke SBN, pasar saham, dan juga instrumen BI yang semasing naik Rp 8, 7 triliun, Rp 5 triliun, dan juga Rp 3, 4 triliun. Di obligasi saham, dana asing th. ini terdaftar positif sesudah th. lantas terdaftar negatif Rp 2, 8 triliun.

Lebih tingginya capital inflow itu juga tercermin dari nilai tukar rupiah yang condong stabil di kisaran Rp 13. 300 per dollar AS berdasar pada situs http://analisatoday.com/kurs-dollar-rupiah kurs rujukan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR). Sesudah pada 3 dan juga 4 Januari kurs rupiah ada di kisaran Rp 13. 400 per dollar AS.

Sesaat di periode yang sama th. lantas, nilai tukar rupiah ada di level Rp 13. 800-Rp 13. 900 per dollar AS di Januari, walau menguat ke level Rp 13. 100-Rp 13. 200 per dollar AS dimuka April.

BI lihat, performa Indonesia sekarang ini cukup baik di dalam negara emerging yang lain malah mencatatkan arus modal asing keluar (capital outflow). Umpamanya, Afrika Selatan akibat perubahan Menteri Keuangan yang dikerjakan dengan cara mendadak.

” Pasar kaget, lalu ada outflow di Afrika Selatan, ” kata Mirza.

Desakan pasar keuangan juga dihadapi oleh Turki dan juga Meksiko. Desakan pasar keuangan di Meksiko, di pengaruhi oleh terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat (AS).

Load More Related Articles
Load More By Pamela
Load More In Bisnis
Comments are closed.

Check Also

5 Penyebab Kebiasaan Kerja Yang Membuat Anda Lebih Gemuk

Tahukah Anda bahwa pekerjaan Anda merusak kesehatan dan kebugaran Anda? Di sini, kami mend…