Home Bisnis Jenis-Jenis Alat Sablon Kaos Manual

Jenis-Jenis Alat Sablon Kaos Manual

3 min read
0
0
187
alat sablon manual

alat sablon manual

Ingin memulai usaha sablon kecil-kecilan? Atau ingin iseng-iseng saja membuat sablon di baju kesayangan anda? Caranya gampang! Anda hanya tinggal menyiapkan alat sablon manual di rumah anda, dan jika ada waktu senggang, anda bisa langsung mencoba menyablon baju anda dengan desain kemauan sendiri. Kami disini akan menginformasikan mengenai alat-alat sablonyang harus disiapkan ketika akan melakukan proses sablon!

Berikut adalah alat sablon yang harus disiapkan

  1. Screen Sablon

Screen sablon merupakan media yang berguna untuk mengantarkan tinta sablon ke objek (kaos, topi, dll). Screen yang digunakan biasanya berbentuk persegi empat kemudian dipasang kain khusus. Ukuran persegi panjangnya biasanya 30 x 40cm dan 20×30 cm. Anda dapat membeli harga screen Sablon ini dengan harga kira-kira Rp 30.000,- hingga Rp 50.000,-.

  1. Afdruk dan meja afdruk

Afdruk merupakan cairan untuk membuat film, afdruk di oleskan pada screen sablon setelah di campurkan dengan sensitizer. Meja afdruk adalah sebuah meja yang berperanuntuk melakukan afdruk film sablon. Meja afdruk dilengkapi lampu neon.

  1. Tinta Sablon

Pilihlah tinta sablon dengan kualitas tinggi dan bermutu agar hasil sablon anda nantinya akan baik. Tinta sablon pada dasarnya ada dua jenis, yaitu tinta Waterbase ink dan tinta Solvenbase atau Platisol.

  1. Rakel

Merupakan sebuah alat untuk mendorong tint dari screen agar tinta menempel pada objek yang disablon seperti kain, kertas, dan sebagainya.

  1. Penghapus Cair

Tentunya setelah anda menyablon menggunakan screen sablon, screen sablon tersebut harus dibersihkan sehingga tidak bernoda apabila dipakai untuk menyablon kaos lain.

  1. Meja Sablon, Lem Kayu, Papan Kaos, Minyak Tanah atau Minyak Makan

Minyak tanah digunakan untuk membuat gambar kertas film menjadi transparan

  1. Alat semprot dan pengering

Merupakan alat bantu pembuatan film.

Nah, bagaimana teman-teman semuanya? Ketujuh alat diatas akan menunjang pekerjaan anda yang akan memulai konveksi kaos sablon manual. Alat-alat tersebut tidak sulit untuk dicari kan? Harganya juga tidak terlalu mahal lho! Jadi tunggu apalagi? Segera siapkan alat sablon tersebut! Semoga bermanfaat.

Load More Related Articles
Load More By Pamela
Load More In Bisnis
Comments are closed.

Check Also

Prediksi AC Milan vs Hellas Verona 14-12-2017

AC Milan bertekad untuk melanjutkan hasil positif yang mereka dapatkan di Serie A. Untuk i…