Home Bisnis Waspadai Kesalahan Mengolah Informasi Akuntansi Yang Merugikan Perusahaan Berikut Ini

Waspadai Kesalahan Mengolah Informasi Akuntansi Yang Merugikan Perusahaan Berikut Ini

6 min read
0
0
98
Waspadai Kesalahan Mengolah Informasi Akuntansi Yang Merugikan Perusahaan Berikut Ini

Membuat laporan keuangan tidak semudah seperti membalikkan telapak tangan. Butuh konsentrasi, ketelitian, dan kejelian. Tidak hanya itu saja, pegawai akuntan juga dituntut memiliki pengetahuan yang luas dan skill yang baik agar tidak keliru dalam menempatkan setiap transaksi ke dalam akun-akun laporan keuangan.

Begitu pentingnya peran informasi akuntansi di dalam setiap perusahaan, menjadikan Anda harus memilih sistem dan pegawai akuntan yang terbaik agar informasi akuntansi yang dibuat dapat bermanfaat bagi penggunanya dan bagi perusahaan itu sendiri.

Supaya dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan, maka pembuatan laporan keuangan tidak boleh memiliki kesalahan seperti yang tertera di bawah ini.

Waspadai Kesalahan Mengolah Informasi Akuntansi Yang Merugikan Perusahaan Berikut Ini
Waspadai Kesalahan Mengolah Informasi Akuntansi Yang Merugikan Perusahaan Berikut Ini
  1. Kesalahan matematis dalam hal berhitung
    Faktanya kesalahan dalam berhitung tidak hanya dialami oleh pimpinan saja yang notabenya masih awam tentang ilmu akuntansi, melainkan bisa terjadi pula pada pegawai akuntan yang sudah berpengalaman, bahkan mungkin sudah memakai software yang paling canggih dan mutakhir sekalipun.

    Kesalahan dalam berhitung dapat terjadi karena faktor kelelahan atau terburu-buru dalam mengerjakan laporan keuangan, sehingga kesalahan tidak dapat terdeteksi. Kesalahan matematis yang sering terjadi adalah salah dalam memasukkan transaksi ke akun dan salah dalam menginput data.

    Kesalahan-kesalahan dalam menghitung yang semakin menumpuk akan sulit sekali dicari akar masalahnya dan akan menjadi bencana besar bagi perusahaan Anda.

    Membuat laporan keuangan memang bukan pekerjaan yang mudah, jangan sampai Anda meremehkannya karena ini berkaitan langsung dengan eksistensi dari perusahaan.

  2. Salah dalam memilih software akuntansi
    Tidak semua software cocok untuk diterapkan pada perusahaan Anda, bahkan software yang harganya selangit sekalipun belum tentu sesuai untuk diterapkan pada perusahaan Anda.

    Pilihlah software yang mencangkup akun-akun yang dibutuhkan oleh perusahaan.

    Memang akan lebih aman jika Anda menggunakan aplikasi akuntansi excel yang bisa mendesain sendiri akun-akun apa saja yang ingin digunakan. Dengan begitu, pegawai akuntan akan lebih leluasa dalam mengolah data-data keuangan.

    Hampir semua orang mengetahui dan dapat mengoperasikan aplikasi akuntansi excel. Jadi, Anda tidak perlu susah payah untuk mempelajarinya terlebih dahulu yang akan memakan waktu lama dan pengerjaan laporan keuangan menjadi terhambat.

    Tidak hanya aplikasi akuntansi excel saja, ada juga aplikasi akuntansi lain yang perlu dijajal yaitu Sleekr Accounting. Menurut Akuntansipedia salah satu media akuntansi yang kredible, mengatakan aplikasi ini sangat cocok untuk mengolah informasi akuntansi bagi perusahaan kecil dan menegah, karena masalahnya belum terlalu kompleks.

    Didesain dengan sederhana dan dilengkapi dengan fitur-fitur menarik yang sesuai dengan kebutuhan Anda, menjadikan sang pengguna hanya memerlukan sedikit waktu untuk beradaptasi dengan aplikasi Sleekr Accounting.

    Banyak sekali keunggulan yang bisa Anda dapatkan dari aplikasi ini yaitu tersedia secara cuma-cuma, menggunakan sistem online dengan penyimpanan data terjamin, aksesnya cepat, data yang disajikan akurat, dan masih banyak lagi yang lainnya.

    Sleekr Accounting tidak akan mengecewakan bagi penggunanya. Agar Anda lebih memahami spesifikasi dari software akuntansi ini, silahkan buka website https://sleekr.co/accounting/.

  3. Hanya fokus pada jangka pendek saja
    Perusahaan biasanya hanya fokus pada laporan keuangan pada transaksi harian saja, padahal transaksi-transaksi yang terjadi di perusahaan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan untuk kemajuan perusahaan ke depannya, prediksi kondisi keuangan perusahaan di masa yang akan datang, kemungkinan-kemungkinan resiko yang akan terjadi pada perusahaan dikemudian hari, dan lain-lain.

Kesalahan-kesalahan tersebut memang sering dianggap sepele oleh sebagian orang, namun dampaknya akan sangat merugikan bagi perusahaan. Tentu Anda tidak menginginkan perusahaan mengalami bangkrut kan? Sudah sepatutnya Anda menghindari kesalahan-kesalahan dalam membuat laporan keuangan tersebut.

  • kelebihan dan kekurangan software akuntansi zahir

    kelebihan dan kekurangan software akuntansi zahir

    kelebihan dan kekurangan software akuntansi zahir, menjadi suatu patokan untuk para penggu…
Load More Related Articles
Load More By Pamela
Load More In Bisnis
Comments are closed.

Check Also

Meja Rias, Cantik dan Banyak Fungsinya

Bagi para wanita, meja rias adalah salah satu furnitur yang penting ada di dalam kamarnya.…