Home Bola Sepak Bola Bukan Hanya Jenis Olahraga Biasa

Sepak Bola Bukan Hanya Jenis Olahraga Biasa

7 min read
0
0
97

Artikel ini menjelaskan kalau sepak bola bukan hanya sekedar berolahraga tetapi juga menjadi kegiatan kongkrit manusia yang sudah menjadi identitas orang-orang hingga alat perlawanan terhdapa penindasan

Kala itu pukul 16. 39 saat hari masih terik menuju senja, di sebuah perumahan di daerah Bekasi, ayah pulang serta turun dari mobil sembari membawa satu jersey plus satu kiran spesial sepak bola, saat itu saya tengah terserang demam sepak bola saat piala dunia 2002 dan pertama kalinya ketertarikan melihat sepak terjan timnas Indonesia di kejuaraan Piala Tiger, walau masih tetap keil, ke-2 hal tersebut sangat terkesan untuk saya.

Sepak bola, bagaimana dia pada saat memberi saya satu hiburan yang mendidk juga pelajaran geografi dan mempererat hubungan bapak dengan putranya lewat satu hoby yang sama yakni sepak bola, th. tahun itu juga jadi awal untuk saya untuk jadi seseorang fanatik dengan sepak bola, disaat kawan kawan saya baru mengetahui club besar seperti Manchester United sampai Real Madrid, pada saat saya telah mulai mengetahui torino, Tottenham sampai tidak suka bagaimana perkasanya Ac Milan saat bertemu dengan club besar Eropa yang lain, maklum saya yaitu seseorang Juventini tulen yang menangis saat tim saya kalah adu penalti di final Liga Champions.

Saya masih tetap ingat bagaiman Sepak bola menolong saya ketahui prihal kota kota besar di Eropa serta menolong saya ketahui bendera bendera negara, ya sepak bola bukan hanya berolahraga namun telah seperti seperti satu agama, candu sampai pemersatu, saya masih tetap ingat bagaimana saya senantiasa berupaya menelpon Alessandro Del Piero (pujaan saya) saat tengah dimarahi ibu karna tidak ingin makan atau lupa kerjakan PR, saya juga masih tetap ingat bagaimana ada satu perang saudara di Afrika yang berhenti karna Sepak bola yang berniat diseleranggakan mengundang pemain pemain hebat di Eropa.

Ya memanglah sepak bola tidaklah cuma berolahraga menendang serta mengoper saja, namun telah beralih jadi satu roda ekonomi sebagian besar negara bahkan juga jadi industri kapitalis yang paling bersahabat, begitu tidak sering bukanlah didapati perlawana penindasan yang dikerjakan kapitalisme sepak bola? Walau sebenarnya di eropa sana, sepak bola telah jadi kapitalisme yang begitu kuat tetapi tidak sering berlangsung penolakan atau resistensi atas hal itu.

Mungkin saja sedikit club yang menyebutkan perlawana terhadapa kapitalisme, AC Livorno sampai Fc ST. Pauli yaitu sebagian contoh club sepak bola yang berjuang dengan ideologi perlawanan melaui sepak bola, namun unik bagaimana mereka berjuang tidak cuma dengan ruangan ruang umum sampai meja dialektika, namun mereka dapat berjuang serta mengkampanyekan ideologi mereka melauli sepak bola, lepas dari kontroversi politik serta sepak bola, sepak bola memanglah akan tidak dapat terlepas murni dari namanya politik.

Masih tetap ingat PM Italia? Satu diantara yang memiliki club AC Milan, momen ini jadi saksi bagaimana sepak bola dapat jadi senjata dalam politik yang dipandang universal terkecuali seni, serta pasti masih tetap fresh bagaimana intrik parpol di Indonesia yang memainkan peranan saat AFF 2010? Ya itu cuma sedikit campur aduk politik serta sepak bola sebagai contoh yang tentu kita juga akan ingat senantiasa.

Baca Juga : Jadwal Bola

Ya sepak bola memanglah unik, coba bertanya ke kawan kawan kita dari tempat mana mereka tau nama nama kota di Eropa? Apakah dari pelajaran atau malah sepak bola, lantas berapakah banyak kawan kita yang ketahui kurs mata uang karna ikuti lini masa Trasfer pemain yang identik dengan kata kata juta Pounds dan Dollar, dalam perubahannya malah Sepak bola banyak memberi partispasi dalam soal edukasi baik itu pengetahuan ataupun softskill seperti leadership, kesabaran dan sportifitas, tanyalah dari tempat mana kita belajar itu semuanya bila tidak dengan segera dari aktivitas bernama olaharaga khsusunya Sepak bola.

Di sepak bola lah kita di ajarkan kalau mimpi itu mungkin saja kenyatana sepanjang di dampingi usaha keras dan doa yang tidak henti, dalam sepak bola lah kita juga belajar bagaimana dunia dapat menyatu saat diselernggaraknnya Piala Dunia atau saat seperti yang baru baru ini bagaimana dunia berduka atas momen kecelakaan satu diantara club Brazil, waktu itu dunia jadi saksi kalau sepak bola bukan sekedar jadi berolahraga namun juga jadi alat pemersatu dan jadi medium pemersatu rasa yang dapatn menrasnfer perasaan senasib dengan mereka yang rasakan.

Load More Related Articles
Load More By Pamela
  • TV Online : Indonesia vs Malaysia, Semi Final Rasa Final

    Nonton tv online – Kesuksesan Tim nasional Indonesia U-22 dalam pertandingan menenta…
Load More In Bola
Comments are closed.

Check Also

Kenali Macam Teh dan Khasiatnya, Mana yang Terbaik?

Berisi mengenai informasi tentang jenis jenis teh beserta kandungan dan khasiatnya. Member…