Home Hiburan Sejarah Musik Melayu dan Alat Musik Tradisionalnya

Sejarah Musik Melayu dan Alat Musik Tradisionalnya

5 min read
0
0
74
Sejarah Musik Melayu dan Alat Musik Tradisionalnya

Sejarah Musik Melayu dan Alat Musik Tradisionalnya Histori musik melayu kita mulai dari musik melayu adalah musik tradisional yang khas di lokasi Pantai Timur Sumatera serta Semenanjung Malaysia. Serta musik ini didominasi oleh permainan rebana, cuplikan gambus, pukulan gong serta alunan serunai. Style musik type ini bisa kita temui di Riau, Palembang, Deli, Aceh, maupun di Singapura hingga Malaysia.

Sejarah Musik Melayu dan Alat Musik Tradisionalnya

Dalam histori musik melayu, dapat disebutkan musik melayu begitu dipengaruhi oleh musik Cina, Portugis, India, Arab serta Persia. Histori musik melayu bisa diliat dari dampak luar dalam seni musik atupun tarian melayu. Dampak ini berlangsung lantaran jalinan perdagangan pada kerajaan Melayu Aru yang berpusat di Deli dengan Malaka yang telah berjalan mulai sejak era ke-13. Mulai sejak th. 1511 M, Malaka jadi benteng Portugis, dari situ dampak musik Portugis memberi warna suara serta gerak tari melayu. Dampak Portugis itu tergambar dalam tari atau rentak Pulau Sari yang lebih di kenal dengan nama Seramapang XII.

Lalu dalam histori musik melayu yang diliat musik melayu berakar dari musik Arab, seperti Qasidah. Ini berawal waktu kehadiran serta penyebaran agama Islam di Nusantara di th. 635 hingga 1600 oleh orang Arab, Gujarat serta Persia. Ini berawal dari pembacaan syair atau dapat juga dimaksud Gurindam yang lalu dinyanyikan, lantas digunakan juga untuk menemani tari-tarian. Histori musik melayu berlanjut waktu dibukanya Terusan Suez, berlangsung arus migrasi orang Arab serta Mesir yang masuk ke Hindia Belanda di th. 1870 hingga 1888.

Mereka membawa alat musik Gambus serta memainkan musik Arab. Serta lalu dampak ini mulai bercampur dengan musik tradisional dengan syair Gurindam serta alat musik tradisional melayu lokal seperti gong, serunai dsb. Lalu dalam histori musik melayu, sekitaran th. 1940 lahirlah musik Melayu Deli, serta style permainan musik di sini telah jauh tidak sama dengan akarnya yakni musik Qasidah. Dalam histori musik melayu di sini berkembang bukan sekedar menyanyikan syair Gurindam, namun berkembang jadi musik nyanyian hiburan serta pengiring tarian khas orang melayu pesisir timur Sumatera serta Semenanjung Malaysia. Histori musik melayu berlanjut ke sekitaran th. 1950-an, di mana perubahan alat musik elektronik mulai tumbuh, yang lalu musik melayu mulai dikenalkan oleh pengeras nada, gitar listrik atupun bahkan juga keyboard. Serta dari sana juga musik melayu mulai masuk ke industri rekaman.

Lantas bagaimana dengan histori musik melayu dalam perubahannya di saat saat ini? Di waktu alat musik melayu mulai popular lantaran banyak band-band yang membawakan genre pop melayu, serta dari situ juga mengundang sebagian pro serta kontra. Terdapat banyak komentar dari sebagian musisi tanah air yang menyampaikan kalau musik melayu adalah satu degradasi atau penurunan mutu dalam soal musik, serta ini menyebabkan “perang dingin” antar beberapa musisi. Serta diliat dari segi lain dalam histori musik melayu, memanglah di Indonesia musik melayu pernah rasakan yang namanya “mati suri”, serta lalu musik melayu kembali popular sesudah timbulnya band-band seperti ST12, Wali, Hijau Daun maupun yang lain. source : http://hargaalatmusik.info/alat-musik-tradisional-malaysia/

Load More Related Articles
Load More By Pamela
Load More In Hiburan
Comments are closed.

Check Also

Urutan Kompetisi Stand Up Comedy Indonesia

Kompetisi Stand up comedy Indonesia termasuk yang cukup panjang. Meskipun tahapannya cukup…