Home Islam Inilah Pentingnya Niat Sholat Dhuha yang Perlu Anda Tahu

Inilah Pentingnya Niat Sholat Dhuha yang Perlu Anda Tahu

3 min read
0
0
18

Niat merupakan hal yang sangat penting dalam melakukan apapun termasuk sholat dhuha. Segala sesuatu yang tanap diniati tidak akan berjalan dengan baik dan efektif. Karena suatu niat menjadi landasan sesorang untuk serius dan fokus menekuni hal yang akan dilakukan. Apalagi untuk ibadah sangat penting dilakukan dengan niat. Salah satunya niat sholat dhuha yang harus dilakukan pada saat akan sholat dhuha. Sholat dhuha merupakan ibadah sunah ghairu muakaddah yang jika tidak dilakukan tidak mendapatkan dosa. Akan tetapi, ibadah sholat dhuha sangat bagus sebagai metode untuk mendekatkan diri kepada sang Pencipta. Dengan mendekatkan diri kepada sang Pencipta maka segala urusan kehidupan lebih mudah.

Niat sholat dhuha dapat menjadikan Anda lebih fokus dan mantap dalam melaksanakan ibadah sholat dhuha. Sholat dhuha dilakukan pada waktu matahari terbit sampai waktu sebelum masuknya waktu sholat dhuha. Dengan demikian Anda harus benar-benar mengeathui waktu yang tepat untuk melakukan sholat dhuha dan diniatkan hanya untuk Allah. Adapun hal-hal yang membuat penting berniat sebelum melakukan sholat dhuha.

  1. Niat menunjukkan kesungguhan dalam beribadah

Apa yang dimaksud dengan niat? Niat merupakan wujud dari kesungguhan seseorang dalam melakukan apapun. Salah satunya, niat sholat sunah dhuha yang akan meningkatkan kesungguhan dalam melaksanakan sholat. Kesungguhan dalam melaksanakan sholat akan membuat Anda lebih khidmat.

  1. Waktu untuk menata hati dan pikiran dalam satu frekuensi

Sama sepeti shalat sunnah istikharah ataupun sholat-sholat yang lain, berniat sebelum sholat dhuha merupakan waktu dimana Anda mulai menata hati dan pikiran dalam satu frekuensi. Ketika hati dan pimkiran sudah satu frekuensi maka sholat akan terasa nikmat. Sholat merupakan bentuk kenikmatan seorang muslim yang menghambakan diri kepada sang Pencipta. Jika hati dan pikiran sudah satu frekeunsi akan lebih mudah dalam memperolah ketenangan hati dan pikiran.

Demikian terkait pentingnya niat sholat dhuha yang perlu Anda tahu. Sebuah amalan tidak akan sempurna bila tanpa adanya niat dalam hati. Amalan yang diawali dengan niat akan meningkatkan rasa percaya diri dan fokus pada satu amaln tersebut sehingga pikiran Anda akan terarahkan pada satu tujuan. Oleh karena itu, lakukan sesuatu sangat perlu diawali dengan niat sehingga pikiran lebih terfokus pada satu hal yang akan dilakukan. Anda dapat melafadkan niat sebelum melakukan apapun seperti melakukan ibadah sholat dhuha. Semoga informasi yang telah dijelaskan bermanfaat untuk Anda.

Load More Related Articles
Load More By Pamela
Load More In Islam
Comments are closed.

Check Also

Review Tempat Terbaik Bermain Golf Di Bali

Lapangan golf favorit di Bali yang menawarkan Bali Golf Packages dengan tantangan dalam pe…