Home Kesehatan 8 Langkah Cara Diet Gluten Free bagi Pemula

8 Langkah Cara Diet Gluten Free bagi Pemula

5 min read
0
0
5

Saat dokter berbicara bahwa Kamu mempunyai sensitivitas tinggi kepada gluten dan berbicara Kamu wajib mengurangi konsumsi gluten, dapat sehingga Kamu bingung. Sebenarnya apa yang dimaksud gluten itu?

Gluten adalah protein yang biasanya tersedia pada gandum, gandum hitam dan jelai (sejenis sereal untuk pakan ternak). Diet ini adalah satu perawatan untuk menanggulangi Celiac Disease, alergi gandum, autisme dan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) pada kondisi khusus pada seseorang.

Orang yang tidak mempunyai Celiac Disease pun dapat sehingga mempunyai gejalanya, ketika mereka makan gandum. Gejala yang muncul dapat berbentuk gangguan pada usus, kembung, alias pembengkakan. Gejala ini disebut sebagai non-celiac gluten sensitivity.

Nah, lalu bagaimana caranya meperbuat diet gluten free yang manjur? Faktor ini pastinya amat membingungkan untuk Anda. Apalagi apabila Kamu terbiasa memakan segala tipe makanan. Angel S. Kurnia, Chief Operating Officer Belanjoo Wellness, punya tip dan tips bagaimana tutorial berdiet gluten bagi pemula.

#Mulailah dengan mengurangi konsumsi makanan mengandung gluten
Tidak lebihilah makanan semacam roti, kue, segala tipe mie–kecuali mie soba–dan makanan lain yang mengandung gandum. Mengurangi konsumsi nasi, juga tergolong di dalamnya, sebab mengandung karbohidrat tinggi.

Apabila Kamu tetap tetap bingung, buat yang ringkas saja. Makanan apapun yang berasal dari beras berarti gluten free. Ini pasti saja sangat mudah bagi kami yang nasib di Asia. Mulailah saat ini dengan membaca label makanan dengan teliti. Begitu Kamu menemukan kata “gandum”, “oat”, “gandum hitam”, alias “jelai”, lupakan. Sebab itu berarti makanan mengandung gluten.

#Fokus pada apa yang dapat Kamu makan, bukan apa yang tidak dapat dimakan
Di dunia ini tidak sedikit sekali tipe makanan alamiah yang tidak mengandung gluten. Tipe makanan ini berarti mempunyai kandungan nutrisi mikro dan makro yang seimbang. Makanan ini pun rasanya lumayan lezat. Di antaranya adalah daging, makanan laut, telur, kacang, buah, sayuran, kentang, nasi dan mie soba.

#Nikmati makanan Anda
Nasib ini wajib penuh syukur. Salah satunya adalah dengan menghargai makanan Kamu dan menikmatinya dengan penuh suka cita saat dihidangkan setiap hari. Janganlah Kamu panik dan stress sebab tidak dapat makan ini dan itu. Kamu tetap dapat mengkonsumsi minuman beralkohol dan juga anggur. Hanya saja, Kamu butuh jauh dari bir. .

Menurut Angel, itulah tutorial mudah mengawali diet makanan tidak mengandung gluten. Seusainya, Kamu bakal merasakan kegunaaan dari diet ini. Selanjutnya, bagaimana menerapkan diet ini pada pola nasib sehari-hari? Pasti saja dengan mengkombinasikan menu makan Kamu setiap harinya. Berikut contoh pola makan bagi Kamu yang meperbuat diet gluten free:

#Sarapan
Konsumsi oatmeal yang tidak mengandung gluten dengan kenari. Di tahap atasnya dilumuri susu dan ditutup dengan serpihan kelapa, buah goji berry dan dikawani secangkir kopi.

#Makan siang
Makan oseng sayuran campur ayam, dengan topping nasi

#Cemilan
Boleh ngemil kacang alias biskuit berprotein tinggi yang tidak mengandung gluten

#Makan malam
Coba ikan dori panggang dengan tomat segar dan sayuran.

Source: KataEmak.com

Load More Related Articles
Load More By Pamela
Load More In Kesehatan
Comments are closed.

Check Also

Nikmati Keuntungan Puluhan Juta Dengan Membuka Usaha Toko CCTV

Buka usaha toko CCTV – Peluang buka usaha toko CCTV memang banyak dilirik saat ini m…