Home Kesehatan Amankah anak dibawah 1 tahun minum madu?

Amankah anak dibawah 1 tahun minum madu?

3 min read
0
0
130
madu dibawah1 tahun

Madu yang merupakan minuman paling baik diambil dari produk lebah yang mana memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Akan tetapi,kemurnian madu sering kali dicemari oleh bakteri yang dapat menghasilkan racun di dalam saluran pencernaan bayi. Racun ini sering dinamakan dengan nama toksin botulinum.

madu dibawah1 tahun

Anak akan lebih aman konsumsi madu murni sejak usia satu tahun. Mengapa harus menunggu satu tahun? Karena,sesudah melewati umur 1 tahun,saluran pencernaan bayi sudah cukup matang dan bakteri tidak dapat berkembang di saluran cerna. Hingga kini,belum ada proses pengolahan yang dapat membunuh bakteri tersebut tanpa merusak khasiat madu itu sendiri. Kasus keracunan itu memang jarang terjadi karena tidak semua madu murni mengandung bakteri ini.

Masalahnya,bagaimana kalau kita sedang apes dan mendapatkan madu murni yang mengandung bakteri itu? Untuk itulah, selalu dianjurkan agar pemberian madu hendaknya baru dilakukan setelah bayi berusia diatas satu tahun. Madu sebaiknya tidak dikonsumsi pada anak umur dibawah satu tahun.

Robert Koch dari Institut Berlin dan Oesterroichishe Gesellschaftfur Ernahrung menyatakan agar bayi berusia 0-12 bulan tidak diberikan madu murni dalam makanan yang dimakannya. Karena besar kemungkinan muncul penyakit Saeuglingsbotulismus yang timbul melalui kerja dari bakteri Clostridium Botulinum tersebut.

Penyakit tersebut biasanya jarang terdeteksi, namun dapat mengakibatkan kematian pada bayi, makanya jangan anggap remeh hal ini. Penyakit ini biasanya ditemukan hanya di usia pertama kehidupan sang bayi, khususnya di usia enam bulan pertama. Di masa satu tahun pertama ini bakteri itu memiliki kemungkinan menimbulkan penyakit Saeuglingsbotulismus dengan proses “pengalih kekuatan” di organ pencernaan kemudian menghasilkan  gift (Botulinustoxin) ditempat tersebut.

Pada anak yang lebih dewasa, kasus ini tidak akan muncul, kemungkinan dikarenkan di usia tersebut sudah lebih stabil. Akan tertapi, peringatan ini tidak berlaku pada makanan. Jadi, makanan yang terkandung madu didalamnya tidak menjadi masalah. Karena,proses pemanasan biasanya dapat mematikan bakteri penyebab penyakit tersebut.

Untuk mendapatkan madu murni, anda bisa membeli di toko madu asli dimana madu yang dijual terdapat atau teregistrasi di dinas kesehatan atau badan POM. Sebisa mungkin hindari membelinya secara curah tanpa teregistrasi di dinas kesehatan.
Sumber : www.griyamadu.com

  • Kiat Menggemukkan Badan

    Setiap orang pasti ingin mempunyai berat badan ideal, salah satunya karena faktor penampil…
Load More Related Articles
Load More By Pamela
Load More In Kesehatan
Comments are closed.

Check Also

Keinginan pernikahan: 20 cara menulis dalam kartu pernikahan

Apa yang kamu katakan di kartu pernikahan? Kemudahan dilema Anda dengan 20 cara tulus untu…