Sakit Buah Pinggang

Apa itu penyakit ginjal?
Ginjal adalah sepasang organ berukuran tinju yang terletak di bagian bawah tulang rusuk. Ada satu ginjal di setiap sisi tulang belakang.

Ginjal sangat penting untuk memiliki tubuh yang sehat. Mereka terutama bertanggung jawab untuk menyaring produk limbah, kelebihan air, dan kotoran lainnya dari darah. Racun ini disimpan di kandung kemih dan kemudian dikeluarkan saat buang air kecil. Ginjal juga mengatur kadar pH, garam, dan kalium dalam tubuh. Mereka memproduksi hormon yang mengatur tekanan darah dan mengendalikan produksi sel darah merah. Ginjal bahkan mengaktifkan bentuk vitamin D yang membantu tubuh menyerap kalsium.

Penyakit ginjal menyerang sekitar 26 juta orang dewasa Amerika. Ini terjadi saat ginjal Anda menjadi rusak dan tidak dapat menjalankan fungsinya. Kerusakan mungkin disebabkan oleh diabetes, tekanan darah tinggi, dan berbagai kondisi kronis (jangka panjang) lainnya. Penyakit ginjal dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya, termasuk tulang lemah, kerusakan saraf, dan kekurangan gizi.

Jika penyakitnya memburuk seiring waktu, ginjal Anda mungkin berhenti bekerja sepenuhnya. Ini berarti bahwa dialisis akan diperlukan untuk melakukan fungsi ginjal. Dialisis adalah pengobatan yang menyaring dan memurnikan darah dengan menggunakan mesin. Ia tidak bisa menyembuhkan penyakit ginjal, tapi bisa memperpanjang hidup Anda.

JENIS DAN PENYEBAB

Apa jenis dan penyebab penyakit ginjal?
Penyakit ginjal kronis

 

Bentuk ginjalnya yang paling umum adalah penyakit ginjal kronis. Penyakit ginjal kronis adalah kondisi jangka panjang yang tidak membaik seiring berjalannya waktu. Ini biasanya disebabkan oleh tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi berbahaya bagi ginjal karena bisa meningkatkan tekanan pada glomeruli. Glomeruli adalah pembuluh darah kecil di ginjal dimana darah dibersihkan. Seiring waktu, tekanan yang meningkat merusak pembuluh darah dan fungsi ginjal ini mulai menurun.

Fungsi ginjal pada akhirnya akan memburuk ke titik di mana ginjal tidak bisa lagi melakukan pekerjaan mereka dengan benar. Dalam kasus ini, seseorang perlu menjalani dialisis. Dialisis menyaring cairan ekstra dan membuang darah. Dialisis bisa membantu mengobati penyakit ginjal tapi tidak bisa menyembuhkannya. Transplantasi ginjal mungkin merupakan pilihan pengobatan lain tergantung pada keadaan Anda.

Diabetes juga merupakan penyebab utama penyakit ginjal kronis. Diabetes adalah kelompok penyakit yang menyebabkan gula darah tinggi. Kenaikan kadar gula dalam darah merusak pembuluh darah di ginjal seiring berjalannya waktu. Ini berarti ginjal tidak bisa membersihkan darah dengan benar. Gagal ginjal bisa terjadi saat tubuh Anda menjadi kelebihan beban dengan racun.

 

Batu ginjal
Batu ginjal adalah masalah ginjal yang umum lainnya. Mereka terjadi saat mineral dan zat lain dalam darah mengkristal di ginjal, membentuk massa padat (batu). Batu ginjal biasanya keluar dari tubuh saat buang air kecil. Melewati batu ginjal bisa sangat menyakitkan, tapi jarang menimbulkan masalah signifikan.

Glomerulonefritis
Glomerulonefritis adalah radang glomeruli. Glomerulus adalah struktur yang sangat kecil di dalam ginjal yang menyaring darah. Glomerulonefritis dapat disebabkan oleh infeksi, obat-obatan, atau kelainan kongenital (kelainan yang terjadi selama atau sesaat setelah kelahiran). Hal ini sering menjadi lebih baik dengan sendirinya.

Penyakit ginjal polikistik
Penyakit ginjal polikistik adalah kelainan genetik yang menyebabkan banyak kista (kantung kecil cairan) tumbuh di ginjal. Kista ini bisa mengganggu fungsi ginjal dan menyebabkan gagal ginjal. (Penting untuk dicatat bahwa kista ginjal individu cukup umum dan hampir selalu tidak berbahaya. Penyakit ginjal polikistik adalah kondisi yang terpisah dan lebih serius.)

Infeksi saluran kemih
Infeksi saluran kemih (ISK) adalah infeksi bakteri pada bagian sistem kemih. Infeksi di kandung kemih dan uretra adalah yang paling umum. Mereka mudah diobati dan jarang menimbulkan lebih banyak masalah kesehatan. Namun, jika tidak diobati, infeksi ini bisa menyebar ke ginjal dan menyebabkan gagal ginjal.

Load More Related Articles
Load More By Pamela
Load More In Kesehatan
Comments are closed.

Check Also

Meja Rias, Cantik dan Banyak Fungsinya

Bagi para wanita, meja rias adalah salah satu furnitur yang penting ada di dalam kamarnya.…