Home Kesehatan Mengenal Fungsi Dan Cara Kerja Fetal Doppler

Mengenal Fungsi Dan Cara Kerja Fetal Doppler

5 min read
0
0
433
Fetal Doppler Murah

Apa itu fetal Doppler? Fetal Doppler adalah alat yang digunakan sebagai pendeteksi detak jantung janin di dalam kandungan dengan cara kerja mengikuti hukum pemantulan gelombang elektromagnetik. Alat ini merupakan alat yang cukup berguna untuk mengetahui apakah janin dalam kondisi sehat atau tidak. Fetal Doppler digunakan secara luas oleh dokter kandungan serta bidan untuk memeriksa kondisi kesehatan janin.

Apa Anda termasuk salah satu orang yang membutuhkan alat tersebut? Salah satu alat kesehatan ini menjadi sangat dibutuhkan pada setiap pemeriksaan sehingga banyak yang mencari tempat jual fetal Doppler murah untuk kebutuhan pemeriksaan janin.

Fungsi Dan Cara Kerja Fetal Doppler

Pada alat fetal Doppler ini terdapat dua sensor yang umumnya digunakan. Yang pertama adalah jenis ultrasound dengan frekuensi yang dibutuhkan yakni 2 Mhz. Transmitter dan receiver digunakan dalam teknik ultrasound ini. Hal ini memberikan keuntungan karena akan lebih peka terhadap detak jantung janin dan harganya juga akan lebih mahal.

Fetal Doppler Murah

Yang kedua adalah jenis mikrosound. Jenis ini tidak menggunakan transmitter dan receiver. Karena hanya menerima namun tidak memancarkan gelombang, maka jenis ini menjadi kurang peka terhadap detak jantung bayi. Kedua jenis alat kesehatan ini dapat dengan mudah Anda dapatkan baik secara online maupun offline.

Fungsi dari fetal Doppler sendiri seperti yang sudah kita singgung di atas adalah sebagai alat pendeteksi detak jantung janin. Janin yang dapat diperiksa menggunakan alat ini adalah janin yang sudah memiliki usia 11 minggu di dalam kandungan atau lebih. Dengan menggunakan frekuensi dengan besar 2,25 mhz, fetal Doppler dapat bekerja untuk mendeteksi denyut jantung si janin dalam kandungan jika usia kandungan 11 minggu atau lebih.

Frekuensi yang di dapat merupakan frekuensi yang dibangun oleh sebuah alat yang disebut oscilator yang kemudian dipancarkan oleh sebuah transmitter kepada media pengukuran. Hasil pengukuran kemudian akan diterima oleh receiver. Sinyal yang diterima dikirimkan melalui pre-amp dan disaring oleh filter. Hasil akhir akan dikuatkan lagi oleh amplifier sebelum masuk ke sistem analog to digital  converter atau ADC untuk diubah menjadi data dalam bentuk digital. Selain didapatkan data dalam bentuk display, melalui alat kesehatan ini Anda juga dapat mendengar detak jantung si kecil dalam kandungan secara langsung.

Aplikasi alat fetal Doppler ini secara klinis adalah sebagai alat yang mendeteksi serta mengukur seberapa cepat aliran darah dengan reflektor gerak yaitu sel darah merah. Pada bidang yang spesifik seperti pada masa kehamilan, alat kesehatan ini digunakan sebagai alat untuk medeteksi kecepatan denyut jantung beserta ritmenya. Anda juga dapat memiliki alat ini di rumah untuk Anda gunakan sendiri loh, hanya saja kadang peggunaannya yang tidak terlalu dibutuhkan dan hanya digunakan pada saat kehamilan menjadikannya sebuah alat kesehatan yang tidak terlalu penting untuk dimiliki di rumah.

Fetal Doppler menjadi alat yang cukup penting bagi dokter kandungan dan bidan baik untuk kepemilikan pribadi atau di rumah sakit. Jika Anda mencari tempat jual Fetal Doppler murah, Anda dapat membandingkan dulu harga di berbagai supplier alat kesehatan baik secara offline maupun secara online. Jangan lupa untuk perhatikan spesifikasinya. Jangan hanya tergiur karena harga yang murah saja, Anda juga harus memperhatikan kebutuhan yang Anda perlukan dari alat tersebut seperti tingkat keakuratan, adanya garansi kerusakan, keawetan dan lain sebagainya.

Load More Related Articles
Load More By Pamela
Load More In Kesehatan
Comments are closed.

Check Also

Keunggulan Jasa Fumigasi

Jasa fumigasi yaitu jasa yang menawarkan pengendalian atau pembunuh hama yang terdapat pad…