Home Kesehatan Ketahui Manfaat Penggunaan CPAP Untuk Sleep Apnea

Ketahui Manfaat Penggunaan CPAP Untuk Sleep Apnea

4 min read
0
0
95
harga alat cpap untuk bayi

CPAP adalah singkatan dari continous positive airway pressure, dimana alat ini merupakan salah satu alat kesehatan yang berfungsi untuk mengatasi masalah pernafasan seperti sleep apnea dan berbagai masalah pernafasan lainnya.

Orang yang mengalami sleep apnea atau gangguan tidur biasanya memiliki jeda bernafas ketika tidur karena terjadi penyempitan atau tertutupnya saluran pernafasan. Saluran pernafasan yang bertugas untuk membawa masuk oksigen ke paru-paru dan mengeluarkan karbondioksida, ketika tertutup maka secara otomatis akan mengganggu proses pernafasan. Bukan hanya penderita sleep apnea juga bisa mengganggu orang disekitarnya.

harga alat cpap untuk bayi

CPAP sendiri dianggap sebagai metode pengobatan non-bedah yang paling cocok untuk mengobati sleep apnea ini. Alat ini berfungsi untuk memberikan aliran udara yang memiliki tekanan ke mulut atau hidung menggunakan perantara selang, sehingga nantinya saluran pernafasan akan tetap terbuka.

Besarnya tekanan udara yang diberikan melalui CPAP ditentukan berdasarkan tingkat keparahan sleep apnea yang dialami pasien atau penderita. Penilaian hasil yang diberikan dokter nantinya dilakukan berdasarkan polysomnography atau studi semalam yang dilakukan di sebuah laboratorium tidur dengan pengawasan penuh.

Aliran udara yang terhambat pada sleep apnea sangat beresiko tinggi terjadinya henti nafas yang membahayakan nyawa seseorang. Gejala dari sleep apnea yang sering muncul dan paling mudah dikenali adalah sering mengalami kantuk yang berlebihan saat siang hari. Beberapa faktor yang menjadi penyebab antara lain karena amandel yang membesar, lidah yang panjang atau bisa juga karena masalah obesitas.

Dengan CPAP bisa menjaga volume paru-paru tetap dalam kondisi normal dan menjadikan faring tetap membuka. Sehingga mengurangi resiko terjadinya sleep apnea dan menjadikan pengiriman oksigen ke paru-paru akan terus berjalan dengan baik. Selain itu berdasarkan penelitian ternyata juga bermanfaat untuk mengurangi dengkuran.

Semua itu tentu saja akan membuat kualitas tidur menjadi lebih baik tanpa perlu khawatir terjadi suatu gangguan pernafasan. Penyakit lain yang secara tidak langsung mampu dicegah dengan CPAP diantaranya ada penyakit tekanan darah tinggi.

Selain digunakan pada penderita sleep apnea, alat CPAP juga sering digunakan pada bayi prematur. Karena paru-parunya yang belum berkembang secara sempurna sehingga membutuhkan bantuan alat CPAP. Cara penggunaannya tentu saja berbeda dengan orang dewasa, dimana pada alat CPAP bayi menggunakan sebuah garpu lembut yang ditaruh pada lubang hidung bayi.

Semua toko alat kesehatan pun sekarang sudah banyak yang jual CPAP bayi ini dengan penawaran harga alat cpap untuk bayi yang bervariasi dari yang paling murah sampai yang termahal tergantung dari spesifikasi dan fitur yang disediakan.

Berdasarkan penelitian, bayi prematur lebih banyak membutuhkan oksigen yang dialirkan secara optimal, dengan alat CPAP udara atau oksigen akan di alirkan secara lembut melalui hidung bayi untuk bisa mengembangkan paru-parunya, karena bayi yang terlahir prematur dengan organ paru-paru yang belum sepenuhnya mengembang sangat beresiko mengalami sindrom gangguan pernafasan.

Load More Related Articles
Load More By Pamela
Load More In Kesehatan
Comments are closed.

Check Also

Jangan Lewatkan Episode Running Man Terbaik Terbaru

Jika Anda penggemar setia dari variety show Running Man, maka Anda tidak boleh sampai mele…