Home Kesehatan Kurang Baik Bagi Pertumbuhan, Hindari Anak dari Makanan yang Kaya MSG

Kurang Baik Bagi Pertumbuhan, Hindari Anak dari Makanan yang Kaya MSG

2 min read
0
0
65

Monosodium glutamat alias yang jauh lebih dikenal dengan sebutan MSG memang kerapkali ditambahkan kedalam makanan supaya terasa lebih gurih. Tidak sedikit makanan dalam kemasan alias olahan pabrik yang mengandung MSG.

Rasa gurih dari MSG itulah yang membikin tidak sedikit anak-anak sangat suka jajan camilan kemasan di warung. Pakar gizi dari Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta II, Dr. Marudut, MPS berkata, anak-anak sebaiknya tidak diperkenalkan dini makanan yang mengandung MSG tambahan.

“Kalau anak sehingga kebiasaan makan makanan yang gurih, kelak dengan makanan yang lain dibilang tidak enak. Anak sehingga tidak mau konsumsi makanan sehat yang beragam,” kata Marabut dalam diskusi Cerdas Frisian Flag Indonesia di Jakarta, Kamis (26/1/2017).

Anak bakal lebih memilih konsumsi jajanan yang gurih semacam keripik, dibanding makanan sehat bergizi sebanding semacam sayuran alias buah yang rasanya terbukti tidak segurih jajanan.

Hal ini pasti bakal sehingga persoalan sebab anak-anak tetap dalam proses tumbuh kembang. Asupan makanan yang bergizi sebanding sangat penting bagi anak-anak supaya tumbuh sehat serta cerdas.

“Sebab pada dasarnya semua orang itu jauh lebih suka yang terasa gurih, akan tetapi gurih yang berlebih pun juga tentu tidak baik bagi anak sehingga enggak sehat makannya. Makanya kalau anak suka jajan itu diawasi,” lanjut Marabut.

Meski demikian, pemakaian MSG sebagai penyedap rasa dalam makanan terbukti diperbolehkan, asal tidak berlebihan.

Marabut mengungkapkan, MSG sendiri sebetulnya telah terkandung dengan cara alamiah dalam berbagai makanan, semacam tomat serta kacang merah yang mengandung glutamat. Sehingga sebaiknya, makanan pun tidak butuh dberi MSG tambahan supaya terus gurih.

Source: Review Wardah

Load More Related Articles
Load More By Pamela
Load More In Kesehatan
Comments are closed.

Check Also

8 Cara Ampuh Mencegah Penuaan Dini

Usaha mencegah penuaan dini tak hanya terbatas pada kosmetik yang ada di lemari Anda. Namu…