Home Kesehatan Inilah Beberapa Metode Sterilisasi Alat Kesehatan

Inilah Beberapa Metode Sterilisasi Alat Kesehatan

4 min read
0
0
169
metode sterilisasi alat kesehatan

Proses sterilisasi alat kesehatan merupakan salah satu proses yang sangat penting dilakukan pada suatu rumah sakit atau laboratorium. Ada 2 tahapan sterilisasi yang dilakukan yaitu sebelum analisa dan setelah analisa. Sebelum analisa, sterilisasi dilakukan supaya alat-alat kesehatan atau laboratorium yang akan digunakan sudah terjamin dan benar-benar steril dari bakteri atau mikroorganisme. Dan untuk setelah analisa diperlukan untuk memastikan bahwa mikroorganisme yang ada sudah mati sehingga tidak akan menjadi sumber kontaminasi bagi tenaga medis, pasien maupun lingkungan.

metode sterilisasi alat kesehatan

Ada beberapa metode sterilisasi alat kesehatan yang biasa dilakukan, diantaranya yaitu :

  1. Sterilisasi Basah

Metode ini dianggap sebagai metode yang paling bisa diandalkan dalam membunuh semua bakteri atau mikroorganisme, cara kerjanya adalah dengan menggunakan uap bertekanan dan suhu tinggi. Alat yang digunakan yaitu autoclave, sebuah alat sterilisasi yang kini sudah banyak tersedia diberbagai toko alat kesehatan khususnya yang jual autoclave.

Biasanya suhu yang digunakan untuk mensterilkan peralatan pada autoclave sekitar 121 derajat celsius dengan waktu yang diperlukan sekitar 15 menit. Kondisi tekanan yang dihasilkan pada saat proses sterilisasi harus selalu diperhatikan, karena terkadang suhu didalam autoclave sering tidak konstan.

Agar performa dari autoclave tetap optimal maka perlu dilakukan pengecekan secara rutin terutama pada bagian pembaca suhu dan tekanan autoclave. Saat melakukan pengisian wadah autoclave usahakan jangan berlebihan penempatan wadah juga jangan sampai menghalangi arus steam. 

  1. Sterilisasi Panas

Sterilisasi panas ini biasanya dilakukan menggunakan oven dan digunakan untuk mensterilkan beberapa peralatan yang terbuat dari bahan gelas dan logam yang tahan terhadap suhu tinggi. Oven yang digunakan sebaiknya sudah melalui uji kualifikasi sebelumnya agar proses sterilisasi bisa berjalan baik. Waktu yang diperlukan pada metode sterilisasi panas ini adalah sekitar 2 jam dengan suhu 160 derajat celsius. 

  1. Pembakaran Langsung

Pembakaran langsung merupakan metode sterilisasi yang paling cepat, karena dilakukan dengan membakar benda yang disterilkan secara langsung dengan nyala api dari bunsen.

  1. Pemanasan secara terputus-putus

Pada metode ini proses sterilisasi dilakukan dengan terputus-putus atau dilakukan berulang kali, karena peralatan yang disterilkan dengan metode ini tidak bisa langsung selesai dalam sekali proses.

  1. Radiasi

Sterilisasi dengan metode radiasi ini dilakukan dengan menggunakan sinar ultraviolet atau sinar-X. Radiasi yang dihasilkan oleh ultraviolet atau sinar-X inilah yang nantinya akan bisa membunuh mikroorganisme yang ada.

  1. Filtrasi atau penyaringan

Metode sterilisasi ini dilakukan dengan menggunakan bantuan pompa vakum, yang biasanya digunakan untuk sterilisasi larutan atau cairan. Nantinya cairan akan bisa melewati filter yang ada sedangkan bakteri atau mikroorganisme akan tersaring di pori-pori filter. Filter yang dipakai biasanya berupa filter HEPA (High Efficiency Particulate Air).

Load More Related Articles
Load More By Pamela
Load More In Kesehatan
Comments are closed.

Check Also

Meja Rias, Cantik dan Banyak Fungsinya

Bagi para wanita, meja rias adalah salah satu furnitur yang penting ada di dalam kamarnya.…