Home Lain-lain Kiat Pilih Harga Sapi Kurban yang Sehat dengan Cara Pengecekan Fisik Berikut!

Kiat Pilih Harga Sapi Kurban yang Sehat dengan Cara Pengecekan Fisik Berikut!

4 min read
0
0
63

Harga sapi kurban yang saat ini mencapai puluhan juta, harus dipilih dengan cara yang tepat sehingga bisa mendapatkan sapi dengan harga yang terjangkau. Walapun sebaiknya Anda tidak menawar hewan untuk kurban, namun, Anda bisa menawar dengan wajar misalnya dengan mencari terlebih dahulu informasi terlebih dahulu harga pasaran hewan saat itu sehingga bisa menentukan harga termurah dan harga termahal dari hewan kurban tersebut.

 

Selain hewan kurban termasuk sapi tidak boleh cacat seperti yang sudah ditentukan dalam syariat Islam seperti tidak boleh pincang, matanya tidak boleh cacat, tidak boleh sakit dan kurus sehingga tidak ada sumsum tulang, Anda harus mengetahui umur dari sapi tersebut. Sapi yang tepat untuk dijadikan hewan kurban minimal usianya 2 tahun jalan 3 tahun. Anda bisa melihat di bagian giginya apakah gigi susu, gigi bagian depan dari sapi tersebut sudah tanggal apa belum. Jika sudah berarti sapi tersebut sudah layak untuk dijadikan hewan kurban.

 

Selain itu, sapi juga harus sehat secara fisik dan bebas dari penyakit. Mudahnya, Anda bisa mengecek apakah hewan tersebut dilengkapi dengan SKKH atau surat keterangan kesehatan hewan yang menyatakan jika hewan tersebut bebas dari penyakit dan layak untuk dijadikan sebagai hewan kurban. Namun, jika tidak ada, Anda bisa melakukan pengecekan fisik berikut ini.

 

Pertama adalah perhatikan mata dari hewan tersebut. Pilih sapi atau hewan kurban yang matanya jernih, terbuka penuh, pupil bereaksi dengan cepat serta di bagian dalam kelopak matanya berwarna merah muda. Hindari untuk memilih sapi yang memiliki mata keruh ataupun belekan sebab hal tersebut mengindikasikan jika hewan tersebut sedang dalam kondisi yang sakit. Kedua adalah pilih hewan kurban dengan bulu yang halus, mengkilap, tidak kotor, tidak memiliki jamur atau kutu dan berkulit bersih. Hindari memilih sapi yang memiliki bulu yang berdiri karena hal tersebut mengindikasikan jika sapi tersebut sedang sakit cacingan.

 

Pengecekan fisik yang lainnya yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui apakah sapi tersebut dalam kondisi yang sehat ataupun sakit, yaitu:

 

  • Pilih sapi yang memiliki tubuh yang standar yaitu yang memiliki punggung yang rata, tanduk (jika ada), kaki-kakinya simetris, memiliki postur tubuh yang ideal yaitu memiliki perpaduan yang seimbang antara kaki depan dan belakang, perut, leher serta kepala.
  • Perhatikan bagian mulut apakah sapi tersebut memiliki liur yang berlebih atau tidak. Atau, cek apakah sapi tersebut memiliki mulut yang basah sekali serta banyak ditemukan bintil merah di bagian mulut. Jika iya, maka sebaiknya waspadai sapi tersebut karena kemungkinan besar sapi tersebut sakit.
  • Pilih sapi dengan hidung yang basah namun tidak mengeluarkan cairan atau selaput lendir.
  • Pastikan celah kuku bersih, tidak ada peradangan, pembengkakan dan luka.
  • Perhatikan dubur nya, apakah bersih atau tidak.
Load More Related Articles
Load More By Pamela
Load More In Lain-lain
Comments are closed.

Check Also

Kenali Macam Teh dan Khasiatnya, Mana yang Terbaik?

Berisi mengenai informasi tentang jenis jenis teh beserta kandungan dan khasiatnya. Member…