Home Sistem keamanan Cari Mesin Absensi Kartu dan Sidik Jari? Ke mesinabsensi.co.id Aja

Cari Mesin Absensi Kartu dan Sidik Jari? Ke mesinabsensi.co.id Aja

5 min read
0
0
160

Pencatatan kehadiran karyawan atau absensi karyawan memang sangat penting untuk mengontrol kinerja karyawan. Dari waktu ke waktu, teknik absensi ini selalu mengalami perkembangan. Hampir lima dekade para perusahaan besar menggunakan mesin absensi kartu manual yang cukup sederhana cara pemakaiannya. Seiring dengan semakin berkembangnya waktu, mesin absensi dengan menggunakan kartu mulai bergeser ke mesin absen dengan sidik jari. Perkembangan ini pun diikuti oleh berbagai perusahaan besar. Banyak perusahaan yang telah beralih menggunakan mesin absensi karyawan dengan sensor sidik jari. Apakah Anda tertarik untuk mengganti sistem absensi perusahaan Anda? Ataukah masih menginginkan teknik pencatatan kehadiran yang manual? Simak informasinya berikut ini.

Deskripsi Mesin Absensi Kartu untuk Karyawan Perusahaan

Mesin absensi kartu pun mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Mesin absen kartu manual menjadi mesin pencatatan kehadiran yang pertama kali ditemukan. Mesin ini disebut juga sebagai mesin absensi ceklok. Metode manual yang digunakan adalah dengan membekali setiap karyawan dengan kartu absen masing-masing. Lalu, kartu ini nantinya akan dimasukkan ke dalam mesin. Mesin manual ini terdapat lubang untuk memasukkan kartu  kartu absen masing-masing karyawan. Dalam mesin juga terdapat jam analog. Ketika karyawan memasukkan kartunya, waktu yang tertera pada mesin inilah yang akan dicetak pada kartu. Dengan demikian, karyawan tidak bisa memanipulasi kehadiran mereka.

Pada umumnya, cara penggunaan mesin absensi ini sangat mudah. Pertama-tama, data dari setiap karyawan diinput oleh mesin kemudian dicetak sesuai nama dan nomor karyawan. Setelah itu, karyawan bisa mengambil kartu absennya masing-masing yang telah disediakan pada rak tertentu yang biasanya diletakkan di dekat mesin absensi kartu manual. Setelah itu, karyawan dipersilahkan untuk memasukkan kartu ke mesin dan kemudian kartu tersebut akan keluar kembali. Pada kartu tersebut nantinya akan tertera keterangan waktu datang karyawan seperti yang telah dijelaskan di atas. Mesin ini bisa digunakan pada saat hadir dan pulang kerja. Setelah itu, data dalam kartu absensi ini bisa diproses lebih lanjut sebagai bahan untuk membuat daftar hadir karyawan.

Mesin absensi kartu yang dijelaskan adalah mesin tradisional yang sekarang sudah mulai ditinggalkan. Banyak perusahaan yang mulai beralih ke mesin absen kartu dengan scan barcode atau menggunakan mesin absensi biometrik. Teknik absensi yang lebih modern ini banyak dipilih karena lebih canggih dan lebih menghemat waktu. Dengan menggunakan scan barcode, mesin akan secara otomatis mencatat kehadiran karyawan sekaligus waktunya dan langsung disimpan dalam kartu memori yang disisipkan pada mesin. Seperti halnya kartu barcode, mesin absensi dengan sensor sidik jari juga bisa bekerja lebih efektif. Inilah mengapa banyak orang mulai beralih ke mesin-mesin absensi yang modern.

Dengan menggunakan mesin absensi yang modern, pekerjaan departemen HRD akan lebih mudah. Hal-Hal yang berkaitan dengan absensi karyawan bisa dipermudah dengan mesin absensi ini. HRD tinggal mendata kembali absen dari para karyawan pada akhir bulan. Selain mesin absensi kartu dengan barcode dan mesin absen sidik jari, masih ada beberapa mesin modern terkait dengan kehadiran karyawan. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan kapasitas Anda. Untuk berbagai macam mesin absensi ini, Anda bisa mendapatkannya di mesinabsensi.co.id. Toko online tersebut menyediakan berbagai macam mesin absensi dengan harga yang berbeda-beda. Demikian adalah sedikit ulasan mengenai mesin absensi manual hingga mesin absensi yang modern.

Load More Related Articles
Load More By Pamela
Load More In Sistem keamanan
Comments are closed.

Check Also

5 Penyebab Kebiasaan Kerja Yang Membuat Anda Lebih Gemuk

Tahukah Anda bahwa pekerjaan Anda merusak kesehatan dan kebugaran Anda? Di sini, kami mend…