Home Uncategorized Contoh Teks Berita Singkat Terbaru Tentang Kebakaran

Contoh Teks Berita Singkat Terbaru Tentang Kebakaran

3 min read
0
0
6

Contoh Teks Berita Singkat Terbaru Tentang Kebakaran – Di dalam teks bahasa indonesia kita akan mengenal istilah teks iklan, teks deskripsi, teks narasi, dan teks berita. Masing-masing teks ini memiliki pengertian dan contoh yang berbeda-beda. Semisal teks berita, teks berita merupakan bentuk teks yang didalamnya mengandung informasi tentang sebuah kejadian dan perstiwa yang disampaikan dengan bahasa lugas dan memegang kaidah kebahasaan 5W 1 H.

Contoh teks berita singkat umumnya dapat kita temukan pada media cetak seperti koran dan majalah. Koran sendiri merupakan media cetak yang didalamnya memuat informasi berupa contoh berita, contoh argumentasi dan berita tententu. Didalam membuat berita jurnalis harus memperhatikan kaidah kebahasaan dengan memegang teguh prinsip 5W dan 1H yakni who, what, where, which, why dan how. Mengapa demikian? Karena seluruh pertanyaan tersebut jika digabungkan akan membentuk jawaban yang inforasinya benar benar lenegkap.

Disamping penyampaian informasi yang lengkap sebagai seorang jurnalis kita harus mampu mempertanggung jawabkan berita yang kita sapaikan. Mempertanggung jawabkan disini maksudnya adalah sumber dan autoritas dari berita tersebut haruslah valid. Tanpa sumber valid yang dapat dipercaya sebuah berita akan dikatakan sebagai berita fiktif belaka. Hal semacam inilah yang harus dihindari oleh pembuat berita.

Contoh teks berita singkat pada dasarnya merupakan materi pembelajaran yang dapat ditemukan di SMP SMA dan sederajat. Siswa siswi umumnya diharuskan untuk memahami isi dan menganalisa contoh teks berita singkat tersebut. Pada dasarnya selain dalam media cetak, Contoh teks berita singkat dapat kita temukan dalam media elektronik hingga internet. Penggunaan televisi sebagai media elektronik untuk menyampaikan sebuah contoh berita merupaka cara yanng efektif karena selain bisa mendengar berita tersebut kita juga bisa memantau perkembangan berita tersebut.

Ciri-ciri dari teks berita adalah memakai bahasa yang lugas, bersifat fakta, menggunakan penyampaians secara singkat, padat, dan mudah dipahami, Untuk memperkuat fakta yang ada contoh teks berita umumnya mengikutseratakan sumber pada berita tersebut. Itulah ciri ciri teks berita yang dapat anda pelajari. Untuk contoh teks berita lainnya anda dapat temukan pada reverensi yang telah saya berikan diatas.

 

 

 

Load More Related Articles
Load More By Pamela
Load More In Uncategorized
Comments are closed.

Check Also

Inspirasi Model Rumah Minimalis Sederhana

Sebelum mulai membangun model rumah minimalis sederhana, baiknya anda sudah mempelajari da…