Home Wisata Keunikan Wisata Tradisi Toraja: Kemegahan Upacara Kematian

Keunikan Wisata Tradisi Toraja: Kemegahan Upacara Kematian

3 min read
0
0
190

Bagi Anda yang memiliki ketertarikan tersendiri terhadap tradisi maupun adat tradisional, Tana Toraja dapat menjadi destinasi wisata Anda dengan beranekaragamnya wisata tradisi Toraja. Tana Toraja dikenal sebagai situs budaya yang menawarkan tradisi lokal sebagai andalan pariwisatanya. Mulai dari rumah Tongkonan, kubur gantung, kuburan dalam gua, dan upacara kematian, Tana Toraja menwarkan beragam pesona wisata yang tidak dimiliki oleh daerah lain exploretoraja.com.

• Upacara Kematian Adat Toraja
Salah satu wisata tradisi Toraja yang terkenal adalah upacara kematian, yang dalam Bahasa Toraja disebut tomate. Tomate merupakan upacara paling penting di antara upacara-upacara lainnya bagi masyarakat Tana Toraja sendiri karena masyarakat Toraja percaya bahwa roh dari orang yang meninggal akan membawa kemalangan bagi keluarganya tanpa adanya prosesi besar sehingga upacara tersebut dilakukan secara meriah. Upacara yang memakan waktu kira-kira 7 hari dan diadakan di antara Bulan Juli hingga September ini melibatkan prosesi penyembelihan berekor-ekor kerbau dan babi yang dagingnya kemudian akan diberikan kepada seluruh tamu undangan, baik keluarga pihak yang meninggal ataupun wisatawan karena upacara ini terbuka untuk umum.

• Pemakaman Adat Toraja
Ketika salah satu masyarakat Toraja meninggal, jasadnya belum dapat dikuburkan sebelum dilakukan tomate dan melakukan penyembelihan babi dan kerbau yang dipercaya akan mengikuti roh dari orang yang meninggal ke alam baka. Jasad dari orang yang meninggal tersebut dibalsemi agar dapat bertahan selama 7 hari. Setelah prosesi tomate selesai, jasad dibawa untuk dikuburkan. Masyarakat Toraja percaya bahwa roh orang yang meninggal harus dipersiapkan dengan membawa harta-harta yang dimiliki. Dengan banyaknya barang yang dibawa, pemakaman dilakukan dengan memasukkan jasad beserta harta-hartanya ke dalam lubang di pinggir tebing atau dalam gua. Keunikan dari pemakaman tersebut juga menjadi daya tarik pariwisata Toraja tersendiri dengan adanya objek wisata Lemo atau kuburan tebing dan Londa atau kuburan dalam gua.

Dengan beragamnya wisata tradisi Toraja, Anda yang memiliki ketertarikan dengan tradisi dan adat tradisional akan menemukan kecocokan di Tana Toraja.

Load More Related Articles
Load More By Pamela
Load More In Wisata
Comments are closed.

Check Also

Keunggulan Jasa Fumigasi

Jasa fumigasi yaitu jasa yang menawarkan pengendalian atau pembunuh hama yang terdapat pad…