Home Travel Serunya Cavetubing Goa Pindul

Serunya Cavetubing Goa Pindul

4 min read
0
0
23
Cavetubing goa pindul

Kota yang sangat istimewa ini banyak menyimpat destinasi-destinasi wisata menarik yang perlu dicoba oleh wisatawan. Salah satu spot wisata adventure menarik di kota jogjakarta yang patut anda kunjungi yakni wisata minat khusus Cavetubing Goa Pindul.

Goa pindul di kabupaten gunung kidul ini mempunyai panjang sekitar 350 an meter dengan lebar mencapai 5 meter. Sedangkan jarak permukaan air dengan atap goa sekitar 4 meter dengan kedalaman air sekitar 5 sampai 12 meter. Di Goa pindul ini terbagi menjadi 3 zona, yaitu zona terang, zona remang-remang dan zona gelap. Bila anda menyusuri goa pindul ini dibutuhkan waktu sekitar 45 menit.

Cavetubing goa pindul

Apakah itu Cavetubing?

Cavetubing sebenarnya hampir mirip dengan rafting. Sama-sama menyusuri aliran sungai namun yang menjadi perbedaan adalah jika rafting menyusuri aliran sungai menggunakan perahu karet namun jika cavetubing adalah menyusuri aliran sungai dalam gua menggunakan ban dalam mobil. Karena aliran sungai yang mengalir di Goa Pindul ini relatif tenang, sehingga cavetubing goa pindul ini bisa dilakukan oleh siapa saja baik yang belum pernah mencoba alias pemula dan anak kecil.

Ditengah-tengah Goa pindul ini terdapat sebuah ruangan yang agak besar dengan lubang besar diatasnya. Warga setempat menamakan ruangan ini sebagai sumur terbalik, sinar matahari yang masuk melalui lubang besar ini akan membuat pemandangan di goa pindul semakin indah. Lubang besar di sumur terbalik ini juga sering dimanfaatkan oleh tim SAR untuk latihan turun dari atas secara vertikal.

Saat anda melakukan cavetubing di goa pindul ini, nanti anda akan bertemu dengan sebuah stalagnit yang menyatu dengan stalagnit lainnya yang membentuk sebuah pilar ukuran besar yang jika diukur bisa mencapai lima rentangan tangan orang dewasa. Stalagnit ini mempunyai julukan “soko guru” dan menempati peringkat keempat dunia.

Selain stalagnit soko guru, terdapat pula stalagnit puting yang masih aktif meneteskan air yang konon bisa membuat awet muda dan cantik yang menggunakan airnya untuk membasuh muka. Selain kedua stalagnit tersebut masih ada stalagnit jantan yang konon juga mampu menambah vitalitas pria dengan cara cukup memegang stalagnit tersebut. Setelah sampai dibagian zona terang, wisatawan bisa berenang sambil melihat ikan-ikan yang berenang.

Keindahan goa pindul semakin lengkap karena disepanjang dinding banyak ornamen dinding goa layaknya lukisan abstrak dari sang pencipta yang tak ternilai harganya. Oleh karena itu, wisatawan yang datang berkunjung diharapkan untuk selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan serta tidak mencoret-coret dinding goa.

Jika anda tertarik untuk mencoba cavetubing di goa pindul, anda bisa memilih Paket Wisata Jogja yang kami sediakan. Kami siap membantu anda untuk mengeksplore keindahan kota jogjakarta bersama jpswisata.com

Load More Related Articles
Load More By Pamela
  • Asal Nama Pulau Tidung

    Pulau tidung merupakan salah satu icon wisata di kepulauan seibu tepatnya di jakarta. Siap…
  • Mengelilingi Ka’bah (Thawaf)

    Mengelilingi Ka’bah (Tawaf)

    Ka’bah – yang terletak di tengah Masjidil Haram di Mekkah dengan bentuk bangunann nya yang…
  • Menjelajah Masjid Maladewa

    Masjid serta Islamic Center Sultan Mohammed Thakurufaanu Al-Azzam yaitu masjid paling besa…
Load More In Travel
Comments are closed.

Check Also

Sejarah Musik Melayu dan Alat Musik Tradisionalnya

Sejarah Musik Melayu dan Alat Musik Tradisionalnya – Histori musik melayu kita mulai…